baru 1

















BLOG

MATEMATIKA TINTUS

Profile
About

PILIHAN

MODEL PEMBELAJARAN

GAMBAR

MODEL PEMBELAJARAN

A. Kontekstual

B. Kontruktifis

MATERI

Teorema Phytagoras

Menurut Muhith (2008) model diartikan sebagai deskripsi dari realitas yang ada. Model merupakan bentuk representasi akurat sebagai proses aktual yang memungkinkan seseorang atau sekelompok orang mencoba bertindak berdasarkan model itu (Suprijono, 2009 : 45).

Joice dan weil mengatakan bahwa model pembelajaran adalah suatu rencana atau pola yang sudah direncanakan sedemikian rupa dan digunakan untuk menyusun kurikulum, mengatur materi pelajaran dan memberi petunjuk pada pengajar di kelas (Isjoni, 2009 : 49). Sedangkan menurut Agus Supriyono pemerhati pendidikan mengatakan bahwa model pembelajaran dapat didefinisikan sebagai kerangka konseptual yang melukiskan prosedur sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran (Suprijono, 2009 : 46).

Berdasarkan pendapat-pendapat diatas maka model pembelajaran matematika dapat diartikan sebagai suatu rencana atau pola pembelajaran matematika yang melukiskan prosedur sistematis dalam melaksanakan pembelajaran di kelas untuk mencapai tujuan pembelajaran matematika.

Untuk memilih model yang tepat maka perlu diperhatikan relevansinya dengan tujuan pembelajaran. Menurut Hasan pemerhati pendidikan model pembelajaran dikatakan baik apabila memiliki prinsip-prinsip sebagai berikut :

  1. Semakin sedikit waktu yang diperlukan guru untuk mengaktifkan siswa belajar juga semakin baik.
  2. Sesuai dengan cara belajar siswa yang dilakukan.
  3. Dapat dilaksanakan dengan baik oleh guru.
  4. Tak ada metode manapun yang paling sesuai untuk segala tujuan, jenis materi, dan proses belajar yang serupa. ( Isjoni, 2009 : 50)