TUGAS WEB












BLOG

MATEMATIKA TINTUS

Profile
About

PILIHAN

HOME

GAMBAR

MODEL PEMBELAJARAN

A. Kontekstual

B. Kontruktifis

MATERI

Teorema Phitagoras


Matematika merupakan salah satu cabang ilmu pasti. Banyak yang mengatakan bahwa matematika merupakan mata pelajaran yang sulit. Sebagian besar siswa manganggap bahwa matematika merupakan momok dalam belajar karena menggunakan simbol-simbol yang sulit untuk dimengerti. Kadang mereka juga menganggap belajar matematika kurang menyenangkan dan kurang aplikatif dalam kehidupan sehari-hari.

Terdapat beberapa hal yang menyebabkan anggapan seperti di atas, diantaranya :

1. Metode mengajar yang digunakan oleh guru.

Metode mengajar yang digunakan sering kali membuat siswa jenuh yaitu dengan memberikan materi dan memberikan tugas atau dikenal dengan ceramah dan tanya jawab. Metode ini merupakan metode klasik yang dilakukan oleh guru yang akan membuat siswa kurang respon terhadap pembelajaran. Sebaiknya metode mengajar ini dikembangkan dengan menggunakan contoh-contoh yang abstrak dalam kehidupan sehari-hari

2. Kondisi kelas

Kondisi kelas sangatlah mempengaruhi terhadap pembelajaran, semakin kondisi baik maka siswaq akan merasa senang dan nyaman dalam mengikuti pembelajaran. Sehingga materi matematika yang di sampaikan menjadi lebih dipahami oleh siswa.

3. Media yang digunakan dalam pembelajaran

Pembejaran yang menggunakan media tentu saja akan menarik bagi siswa. Sehingga dengan adanya perkembangan teknologi ini maka menuntut guru untuk dapat menggunakan atau mengaplikasikan media pembelajaran untuk membantu menjelaskan materi matematika kepada siswa. Media pembelajaran ini juga bisa membuat materi matematika yang dianggap abstrak menjadi lebih nyata dan aplikatif dalam kehidupan sehari-hari.